Cara Menjaga Kesehatan Fisik dan Kesehatan Mental Selama Virus Corona


Virus corona merupakan salah satu pandemik global yang telah menyerang lebih dari 200 negara di dunia. Kini setiap negara melakukan lockdown, karantina wilayah, social distancing hingga pembatasan sosial berskala besar pada wilayah pandemik. Selama berada di rumah warga di wilayah pandemik harus memiliki kesehatan fisik dan mental yang tetap sehat karena hal ini akan berpengaruh pada imunitas tubuh.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan fisik selama wabah virus corona diantaranya:

  • Tidur berhubungan erat dengan kekebalan tubuh, tidur cukup akan menjaga sistem imun tubuh namun jika tubuh mengalami penurunan jam tidur akan membuat tubuh lebih rentan terhadap patogen karena penurunan ini ditunjang oleh proliferasi limfoit dan tubuh hanya melepas sitokin yang penting untuk imun selama tidur, sesuai dengan National Sleep Foundation minimal 7 hingga 9 jam dalam satu hari.
  • Mengonsumsi makanan sehat akan membantu imun tubuh yang diperoleh dari makanan bernutrisi, sebaiknya merancang meja makanan dengan warna buah dan sayuran seperti alpukat, tomat, wortel dan jeruk serta konsumsi multivitamin jika tidak mendapatkan makanan sehat dan pastikan berkonsultasi dengan pada dokter.


Selain itu, untuk tetap memastikan tubuh tetap selama wabah maka sebaiknya melakukan latihan yang tidak cukup untuk membantu regenerasi pada el imun dan mengurangi peradangan pada tubuh. Untuk menjaga tubuh maka lakukan latihan dengan intensitas sedang seperti berjalan kaki mengelilingi rumah. Begitu juga dengan kebiasaan merokok yang tidak memiliki manfaat pada tubuh, rokok yang dikonsumsi oleh tubuh akan menyebabkan gangguan imun pada sel limfosit T, sel CD4+, sel limfosit B dan sel T-helper dan meningkatkan komplikasi virus. Tidak ada salahnya untuk berjemur dibawah matahari untuk memberi energi pada sistem imun serta meningkatkan mood yang lebih baik, setidaknya pada jam 10 pagi selama 15 menit.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan mental ditengah wabah corona diantaranya:

  • Banyak kasus dimana orang tanpa adanya gangguan kecemasan mengalami kecemasan dan hal ini tentu membuat tubuh mengalami PTSD, depresi terhadap pandemi disarankan untuk mendapatkan resep dan terapis dengan pengobatan jarak jauh.
  • Thornton menyarankan untuk membiarkan diri marah selama 15 menit setiap hari dan cara beberapa pikiran positif, hindari untuk menonton berita di media sosial yang dapat menjadi berita hoaks dan fakta oleh karena itu ingat bahwa wabah ini akan menjadi sejarah dan segera berlalu.


Selain itu, batasi diri untuk menonton berita dan setidaknya membatasi diri setengah jam pada pagi lalu pada malam hari yang akan berpengaruh pada sikap diri. Berbicara mengenai Covid-19 kepada anak dan menunjukkan pasien kecil serta bagaimana tenaga medis sebagai garda terdepan membantu dan masyarakat berkumpul selama berada pada masa sulit serta mendorong anak untuk melakukan hal-hal produktif selama berada di rumah. Tetap jaga rutinitas yang terhubung dan tetap fisik dan pilih kegiatan yang memberikan ketenangan dengan tujuan tertentu bersama keluarga.

Untuk tetap sehat secara mental selama pandemik virus corona dengan melakukan perenungan setidaknya selama 15 menit dan biarkan diri untuk mengambil napas. Lalu pikirkan satu titik dan arahkan napas seperti biasa dan lakukan dalam pikiran yang lepas tanpa harus memikirkan hal yang lain memberatkan. Untuk mengurangi kecemasan maka sebaiknya mengingat memori indah selama hidup atau hal positif yang bahagia dan membuat memori ini akan membantu tubuh tetap baik.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Fisik dan Kesehatan Mental Selama Virus Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel