Ulasan Seputar Strategi dan Cara Hidup untuk Mendapatkan Dana Darurat


Dana darurat merupakan kebutuhan keuangan di waktu darurat yang dibutuhkan oleh siapapun untuk menjalankan kehidupan. Untuk mendapatkan kebutuhan darurat ini maka dapat melakukannya dengan cara menabung, tabungan merupakan hal yang paling ideal dalam menyimpan dan lebih mudah untuk melakukan transaksi secara mobile banking dan lebih mudah untuk memanfaatkan fitur transfer otomatis tanpa harus menuju ATM. Deposito merupakan cara untuk menyimpan uang dengan kelebihan return untuk 5% setiap tahunnya dan tenor serta bunga tergantung dari bank dan biasanya dapat memilih jangka pendek antara 1 atau 3 bulan dan jika dicairkan sebelum tempo akan dikenakan denda.

Manfaat dana untuk kebutuhan darurat adalah dapat digunakan untuk memperbaiki barang yang sedang rusak di masa depan. Tidak perlu khawatir jika sedang sakit karena akan ditopang oleh dana tersebut dalam penyediaan kebutuhan medis hingga pengobatan secara rawat inap maupun rawat jalan. Saat ini kebutuhan dana ini menjadi alternatif jika seseorang mengalami PHK dan menggunakannya untuk menjadi penghasilan sementara. Dana kebutuhan darurat akan membuat seseorang terhindar dari utang karena jika memiliki tidak memiliki uang tunai maka dapat mencegah ledakan ketika sedang kebutuhan uang diperlukan. Jika tidak memiliki uang tidak membutuhkan pinjaman kepada teman maupun keluarga karena mampu menjaga keuangan sendiri.

Berikut adalah strategi untuk kebutuhan dana di keadaan darurat diantaranya:

  • Membuka tabungan baru dengan memiliki deposito untuk jangka 3 maupun 6 bulan dan tidak terkunci jika memiliki waktu yang lama dan keuntungannya adalah bunga tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa.
  • Mengalokasikan dana setiap bulannya dengan menentukan besaran pengeluaran dan tentukan hitung pengeluaran dasar sebagai target menabung dan tetap tambahkan uang jika memiliki penghasilan tambahan.
  • Gunakan fasilitas auto debet sehingga akan menambahkan uang di tabungan darurat dan menjadi kepuasan sendiri kepada pemiliknya.
  • Masukkan pemasukan yang diperoleh setiap kapanpun diperoleh diluar bulanan dan telusuri setiap pengeluaran bulanan.

Jika kehabisan dana untuk kebutuhan darurat maka lakukan perhitungan dengan menjelajah dana sehingga akan memperhitungkan dalam mengalokasikan dana dan sumbernya. Lakukan perhitungan ke depan untuk mengetahui uang yang mungkin tersisa dan gunakan tabungan, aset, ajukan multiguna dan alternatif pendanaan lainnya. Stabilkan keadaan keuangan dengan mempertimbangkan utang dan fokus sejumlah selisih uang dalam membayar utang dan pulihkan dengan menyiapkannya setiap bulan dengan menambah besarannya. Kurangi pengeluaran yang tidak penting karena akan membuat uang tidak dialokasikan dalam tempat yang tidak tepat dan menyebabkan sikap boros sebaiknya memberikan jeda jika ada tujuan dalam penggunaan dana kebutuhan darurat.

Berikut adalah cara hidup sederhana dari kebutuhan dana:

  • Tidak menunda persiapan dana.
  • Mencatat setiap pengeluaran termasuk pendapat dengan baik sehingga akan mengetahui jumlah yang disesuaikan dengan dana.
  • Sisihkan uang mulai dari uang receh dalam botol hingga akhirnya menumpuk dan mulai kumpulkan uang koin.
  • Kurangi pengeluaran yang terlalu konsumtif atau pengeluaran untuk barang yang terlihat menarik di mata tetapi tidak diperlukan.

Untuk hidup sederhana dalam mendapatkan dana darurat adalah disiplin untuk menggunakan ATM atau tidak menggunakan mesin transfer jika tidak dibutuhkan. Evaluasi keuangan setiap tahun sehingga mampu merevisi keuangan darurat dan menambah nominal jika sudah terkumpul dengan banyak. Dapat menyimpan dana dengan bentuk perhiasan emas yang memiliki nilai tinggi setiap tahunnya dan biasanya dijual untuk investasi masa depan.

Belum ada Komentar untuk "Ulasan Seputar Strategi dan Cara Hidup untuk Mendapatkan Dana Darurat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel